Kamis, 08 Juni 2017

WADAH PEMBINAAN PRAMUKA PENEGAK

WADAH PEMBINAAN PRAMUKA PENEGAK

                Wadah Pembinaan Pramuka penegak terdiri dari 3 :
            Wadah Pembinaan di Gugud Depan
1.     Ambalan Penegak
Ambalan  penegak  adalah  satuan  gerak  untuk  golongan  pramuka  penegak  yang menghimpun  sangga  dan  dipimpin  oleh  Pradana  dengan  didampingi  pembina ambalan sebagai penasehat.
a.      Sangga
Sangga adalah kelompok belajar  interaktif  teman sebaya dengan  jumlah anggota 4-8 orang pramuka penegak.
b.     Sangga Kerja
Sangga kerja adalah wadah untuk melaksanakan suatu  tugas atau kegiatan yang anggotanya  terdiri  atas  anggota-anggota  sangga  yang  ada,  jumlah  anggota disesuaikan  dengan  beban  tugas  atau  kegiatan  yang  diemban.  Sangga  kerja bersifat sementara sampai tugas atau kegiatan selesai dilaksanakan.
Wadah Pembinaan Di Satuan Karya 
Satuan  Karya  Pramuka  (Saka)  adalah  wadah  pendidikan  dan  pembinaan  guna menyalurkan  minat,  mengembangkan  bakat  dan  menambah  pengalaman  para pramuka  penegak  dan  pandega  dalam  berbagai  bidang  ilmu  pengetahuan  dan teknologi  serta  keterampilan.  Saka  juga  memotivasi  mereka  untuk  melaksanakan kegiatan  nyata da produktif  sehingga  memberi  bekal  bagi  kehidupannya dalam melaksanakan pengabdiannya kepada  masyarakat,  bangsa  dan  negara,  sesuai dengan aspirasi pemuda  Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan serta peningkatan ketahanan nasional.

            Wadah Pembinaan Di Kwartir
Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega adalah wadah  pembinaan  dan pengembangan  kaderisasi  kepemimpinan  di  tingkat  kwartir. Dewan Kerja  Pramuka Penegak  dan Pandega  beranggotakan pramuka  penegak dan pandega  yang  dipilih dalam  Musyawarah  Pramuka  Penegak dan Pandega  Putri  Putra  (Musppanitra) bersifat  kolektif  dan  kolegial  yang  merupakan  bagian  integral  dari  kwartir, berkedudukan sebagai badan kelengkapan kwartir yang diberi  wewenang dan kepercayaan untuk mengelola kegiatan pramuka penegak dan pandega.

Kolektif mengandung arti bahwa keputusan dan kebijakan didalam Dewan Kerja adalah keputusan atau kebijakan lembaga Dewan Kerja yang dilakukan secara bersama atau secara gabungan dan kolegial mengandung arti bahwa segala pelaksanaan tugas pokok, kebijakan dan tanggungjawab dalam prosesnya didalam Dewan Kerja   dilaksanakan dalam suasana kekeluargaan.

kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085 226 887 668 ( hanya SMS)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesta Siaga Bukan Perlombaan Untuk Mencari Kejuaraan

Pesta Siaga Bukan Perlombaan Untuk Mencari Kejuaraan Pramuka Siaga adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia antara 7-10 tahun....