Tuesday, June 6, 2017

Tamu Ambalan

Tamu Ambalan

           
Pramuka Penegak adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 16 – 20 tahun. Secara umum usia tersebut disebut masa sosial (Kohnstam) atau disebut juga masa remaja awal yaitu masa pencarian jati diri, memiliki semangat yang kuat, suka berdebat, kemauannya kuat, agak sulit dicegah kemauannya apabila tidak melalui kesadaran rasionalnya, ada kecenderungan agresif, sudah mengenal cinta dengan lain jenis kelamin.
Dalam Golongan Penegak, seorang peserta didik akan mengalami beberapa tahapan sebelum menjadi seorang pramuka. Tahapan tersebut terdiri dari penegak tamu, calon penegak, penegak bantara, penegak bantara dan pramuka penegak Garuda. 

Tahap yang paling awal adalah penegak tamu atau tamu penegak. apa itu ayo kita bahas satu persatu :


  1. Tamu  ambalan  adalah  seorang  pramuka  penggalang  yang  karena  usianya dipindahkan dari pasukan penggalang  ke ambalan penegak, atau pemuda  yang berusia 16 sampai dengan 20 tahun yang belum pernah menjadi anggota Gerakan Pramuka.
  2. Tamu  ambalan  wajib  mengikuti  latihan  rutin  ambalan  dan  diberi  kesempatan menyesuaikan diri dengan adat istiadat yang berlaku di ambalan tersebut.
  3. Tamu  ambalan  beradaptasi  paling  lama  3  (tiga)  bulan  kemudian menjadi  calon penegak.
  4. Bagi  anggota  ambalan  lainnya  diberi  kesempatan  untuk  mengenal  dan  menilai tamu ambalan tersebut.
  5. Perbedaan antara anggota yang pernah menjadi seorang anggota pramuka dan yang belum terlihat pada seragam yang dikenakan. Seorang yang pernah menjadi anggota pramuka mengenakan seragam pramuka dengan memakai tanda umum (tanda pelantikan, tanda WOSM, dan setangan leher), sedangkan yang belum pernah dilantik tidak mengenakan tanda-tanda tersebut.


Berikut Link yang mungkin juga berguna untuk kakak Pembina Pasukan Penggalang : 

1 comment: