Tuesday, June 6, 2017

Kibaran Cita / Bendera Ambalan


Kibaran Cita 

Tanda, lambang, bendera dan kibaran cita Ambalan Penegak dan/atau Racana Pandega adalah sarana/alat untuk mendorong maju, memberi semangat, kebanggan dari para Pramuka Penegak dan/atau Pramuka Pandega serta Ambalan dan Racananya di Gugusdepan-gugusdepan.
Tanda, lambang, bendera dan kibaran cita Ambalan dan/atau Racana Pandega harus mempunyai arti yang mengarah pada tujuan Gerakan Pramuka dan semangat kepahlawanan.
Tanda, lambang, bendera dan kibaran cita Ambalan Penegak dan/atau Racana Pandega diciptakan sendiri oleh para Penegak dan/atau Pandega dalam suatu musyawarah Ambalan/Racana di Gugusdepannya dan diajukan kepada Pembina Gugusdepan
Tujuannya adalah untuk memberikan dorongan, semangat dan kebangsaan kepada para Pramuka Penegak dan/atau Pandega agar supaya :
         Berkembang daya cipta dan kreatifitasnya,
         Mewarisi dan meneruskan jiwa dan semangat kepahlawanan,
         Melatih disipin dalam mencapai cita-cita yang keluar dari dalam pribadinya sendiri dengan jalan giat belajar, berlatih, bekerja dan berbakti,

sebagai jalan dan usaha mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

Bendera Ambalan Juga disebut sebagai Kibaran cita merupakan lambang kehormatan Ambalan dibuat dengan ukuran 60 x 90 Cm berisi gambar tanda Ambalan dan nama Ambalan dengan gambar lambang Gerakan Pramuka Silhouette Tunas Kelapa pada sisi tongkat bagian atas pada tepi kibaran cita. Kibaran cita  diberikan rumbai pada sisi tepinya dengan warna yang ditentukan oleh Ambalan. Kibaran cita  dipasang di tongkat dengan  tinggi 200 Cm. 

Contoh 




Klik Juga 

No comments:

Post a Comment