Selasa, 20 Februari 2018

Lambang Organisasi Kepanduan Dunia



Lambang Organisasi Kepanduan Dunia (WOSM)
Fleur-de-lis


Lambang Kepanduan Dunia adalah fleur-de-lis (merupakan bahasa perancis) atau bunga lili. Lambang bunga telah lama dikenal, baik dalam bidang pencarian jejak dan navigasi, maupun menjadi simbol pada kompas sebagai penanda arah Utara.
Lambang fleur-de-lis melambangkan bahwa seorang pandu akan selalu menunjuk pada jalan kebaikan. Dalam sejarahnya, penggunaan badge fleur-de-lis telah diperkenalkan oleh Lord Baden-Powell sejak tahun 1897 kepada para pandu tentara yang dilatihnya, ketika bertugas di India, Baden-Powell kemudian memberikan badge sejenis kepada semua peserta kemah di pulau Brownsea pada tahun 1907.
Lambang fleur-de-lis yang dikenal sekarang diperkenalkan pada jambore kepanduan dunia ke-8 tahun 1955 oleh Komisioner Nasional Gerakan kepaduan Yunani, Demetrios Alexantos. Bentuk Simbolnya berupa fleur-de-lis yang dilingkari tali yang bersimpul di bagian bawahnya. Tiga helai daunnya melambangkan tiga kewajiban pandu yaitu, kewajiban terhadap Tuhan, Negara dan Sesama. Sementara lingkaran tali bersimpul mati melambangkan sikap persaudaraan Internasional yang tak kenal putus. Dua bintang yang menyertainya melambangkan bahwa Pandu diharapkan bisa memberi penerangan pertolongan dalam garis kebernaran dan keilmuan. Sementara warna putih melambangkan kesuciam dati dan warna ungu menyiratkan bahwa pandu harus memiliki jiwa kepemimpinan dan hati yang penolong.


Mengganti Logo
Selama ini banyak yang salah untuk memakai lambang Fleur-de-lis dengan lambang kepanduan inggris (the Scout Association). Dengan alasan agar terlihat jelas, agar terlihat lebih bagus atau alasan estetika yang lain Fleur-de-lis diganti, diubah sedemikan rupa sehingga menuruti kemauan si pen desain. Kadang warnanya di ubah atau bahkan bentukkanya
Padahal lambang itu di tetapkan sebagai sesuatu yang mewakili sesuatu. Tentunya ketika di ubah tidak dapat mewakili sesuatu yang seharusnya diwakili. Contoh Kita tentunya tidak dapat menerima jika lambang kebangsaan Indonesia, Garuda Pancasila kehilangan satu helai saja bulu nya.
Ayo kita cermati agar tidak salah 



Fleur-de-lis logo WOSM

Logo kepanduan Inggris (the Scout Association)


Kompas :
     Melambangkan suatu peringatan bagi Pandu/ Pramuka agar selalu berbuat kebenaran dan dapat dipercaya seperti fungsi kompas, serta tetap menjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan.

Treefoil / Bunga dengan Tiga Ujung :
     Melambangkan tiga janji Pandu / Scout Promise
Dua Bintang :
     Melambangkan anggota Pandu/ Pramuka berupaya untuk dapat memberi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan. 
  Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati : Melambangkan bahwa sesama Pandu/ Pramuka mengadakan hubungan persahabatan dan persaudaraan antar Pramuka di seluruh dunia.
Warna
     Putih melambangkan jiwa yang berhati suci, sedangkan warna dasar ungu melambngkan bahwa Pandu/ Pramuka memiliki ketrampilan kepemimpinan dan suka menolong orang lain.



Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085 226 887 668 ( hanya SMS atau WA, tidak menerima telp)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesta Siaga Bukan Perlombaan Untuk Mencari Kejuaraan

Pesta Siaga Bukan Perlombaan Untuk Mencari Kejuaraan Pramuka Siaga adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia antara 7-10 tahun....