Tuesday, June 6, 2017

Sangga


Sangga





Sangga 
Sangga adalah satuan kecil wadah pembinaan dalam golongan pramuka penegak.  Kata Sangga mengandung pengertian sebagai penopang.  Sangga di dalam Ambalan memberi pengertian sebagai penopang kegiatan yang dilakukan secara terus menerus.  Sangga juga mempunyai arti sebagai rumah kecil (gubug, saung) tempat merencanakan berbagai kegiatan. Sangga merupakan kelompok  belajar interaktif  teman sebayanya. 
Satu sangga jumlah anggotanya terdiri antara 4-8 Pramuka Penegak. Pembentukan sangga dilakukan oleh para Pramuka Penegak sendiri, anggotanya dipilih oleh anggota penegak itu sendiri, tidak dipilihkan dan dikelompokkan oleh pembina, sehingga setiap anggota sangga mempunyai kecocokan satu dengan yang lain, diharapkan dengan demikian akan  dapat saling bekerja sama dan ada keharmonisan dalam sangga. Nama sangga dipilih di antara nama-nama Perintis,  Pencoba,  Pendobrak, Penegas dan Pelaksana atau dipilih nama lain sesuai aspirasi mereka. Nama tersebut merupakan identitas sangga dan mengandung kiasan dasar yang dapat memberikan motivasi kehidupan sangga.  Setiap Sangga memiliki Pemimpin Sangga dan Wakil Pemimpin Sangga, yang dipilih berdasarkan hasil musyawarah Sangga.
Untuk melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan yang besar, misalkan mengadakan kegiatan perkemahan yang besar atau kegiatan bakti yang memerlukan banyak orang, Dewan Ambalan Penegak dapat membentuk Sangga Kerja yang anggotanya terdiri atas anggota-anggota sangga yang ada. Jumlah anggota sangga kerja disesuaikan dengan beban kerja atau tugas yang diemban. Sangga Kerja bersifat sementara sampai tugas atau pekerjaan sudah selesai. Setelah kegiatan berakhir sangga kerja di bubarkan, sedangkan anggotanya kembali berkumpul ke dalam sangganya masing-masing. 

Sebagai referensi kakak penegak dalam kegiatan Serah terima Jabatan Pengurus Dewan Ambalan : 
  1. Program Latihan Ambalan Penegak 
  2. Program Latihan PBB Ambalan Penegak
  3. Ragam Permainan Ambalan Penegak 
  4. Atur Acara Upacara Serah Terima Jabatan
Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085 743 109 113 ( hanya SMS atau WA, tidak menerima telp)

Klik Juga 


Berikut Link yang mungkin juga berguna untuk kakak Pembina Pasukan Penggalang : 



No comments:

Post a Comment